Cara dan Resep Memasak

Aneka Resep Masakan Nusantara, Resep Lengkap Masakan Tradisional, Aneka Resep Kue,Roti,Minuman, Aneka Resep Masakan Internasional

Resep Kue Semprit Yang Enak

 

Cara Resep - Berbentuk bunga dan berhiaskan sukade (irisan buah kering) dibagian tengahnya, siapa yang tidak terpuka dengan tampilan kue semprit? Dari segi bahan baku, kue kering ini hampir mirip dengan kue sagu keju, hanya berbeda pada penggunaan tepung saja. Kue semprit menggunakan lebih banyak tepung terigu, sedangkan kue sagu sesuai namanya menggunakan tepung sagu. Mengapa dinamakan kue semprit? Mungkin karena orang Indonesia kesulitan menyebutkan ‘spuit’ proses pencetakan kue menggunakan plastik segitiga dan besi corong khusus untuk membuat kue, sehingga muncullah istilah kue semprit.

Sukade yang digunakan dalam resep kue semprit ini adalah sejenis manisan kering dari labu. Biasanya di psaran terdapat tiga warna sukade; merah, hijau, dan kuning. Di dalam resep ini hanya digunakan sukade merah saja. Untuk lebih meriah, anda bisa menggunakan sukade berbagai macam warna.

Bahan-bahan

  • 350 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 gr tepung maizena
  • 200 gr mentega
  • 200 gr gula bubuk
  • 4 kuning telur
  • 2 putih telur
  • 50 gram Sukade/buah kering untuk hiasan
  • 1 sdt vanila bubuk
  • ½ sdt garam
  • Margarin untuk olesan

Cara membuat

  1. Kocok mentega dengan ½ bagian gula bubuk hingga mengembang. Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga tercampur rata.
  2. Masukkan tepung terigu, garam, vanili bubuk dan tepung maizena, aduk perlahan dengan sendok kayu hingga rata.
  3. Kocok putih telur dengan sisa gula bubuk hingga mengembang dan kaku. Masukkan ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
  4. Masukkan adonan kedalam plastik segitiga yang telah diberi mata spuit bentuk bintang.
  5. Semprotkan adonan bentuk bunga di atas loyang datar yang telah diolesi margarin. Hias bagian atasnya dengan sukade.
  6. Panggang dengan suhu 160°C selama 25 menit hingga matang dan kering. Angkat dan biarkan dingin. Simpan dalam stoples kedap udara.

Karena bentuk kue ini yang cantik, dengan dikemas sederhana pun kue ini sudah bisa menjadi suguhan yang menarik di meja anda. Selamat mencoba resep kue semprit, dan jangan lupa untuk berbagi cerita di kolom komentar. Semoga berhasil !
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Resep Kue dengan judul Resep Kue Semprit Yang Enak. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://cara-resep.blogspot.com/2015/07/resep-kue-semprit-yang-enak.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown -

2 komentar untuk "Resep Kue Semprit Yang Enak"